Home » » WAJIB BACA!! INILAH UCAPAN SELAMAT MENIKAH ISLAMI YANG DI UCAPKAN RASULULLAH SAW

WAJIB BACA!! INILAH UCAPAN SELAMAT MENIKAH ISLAMI YANG DI UCAPKAN RASULULLAH SAW



Menikah merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan bagi yang melakukannya. Islam sendiri juga menganjurkan para muslim untuk melakukan pernikahan, seperti yang tertulis dalam Alquran berikut ini.

Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, diciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya kasih sayang di antara kamu. Sesungguhnya yang demikian menjadi tanda-tanda kebesaran-Nya bagi orang-orang yang berpikir,(Q.S. Ar-Ruum: 21).

Jika Abi dan Ummi ingin mencari sebuah ketenteraman, ketenangan hati, dan semua kebaikan, menikahlah. Pernikahan menjadi sebuah momentum hidup yang sangat penting dan bersejarah bagi kedua insan manusia. Momentum yang penting saat kehadiran teman, rekan, keluarga, sahabat, dan kerabat adalah sebuah hadiah yang membahagiakan. Selain itu, semakin lengkap rasanya jika kunjungan tersebut dihiasi dengan ucapan selamat menikah islami yang penuh dengan doa dan harapan tulus untuk kedua mempelai mengarungi hidup yang baru.

Tentu Abi dan Ummi telah sadar sebelumnya atau sering mendengar kata sakinah, mawadah, wa rahmah yang kerap diucapkan seseorang ketika memberi ucapan selamat kepada orang yang sedang menikah. Ucapan tersebut memang baik, tetapi rasanya terdengar monoton karena hampir semua orang yang hadir akan memberikan ucapan yang sama. Nah, saatnya jadi pembeda dengan ucapan pernikahan yang kreatif, tetapi tetap islami dan dalam koridor Alquran.

Berikut adalah ucapan selamat menikah islami yang baik dan bisa Abi dan Ummi ingat jika sewaktu-waktu undangan pernikahan dari sahabat mampir di rumah. Ucapan selamat menikah islami berikut diambil dari sebuah hadis dan beberapa kalimat langsung dari ucapan para sahabat terdahulu, bahkan bagusnya lagi, Rasulullah juga memberikan kontribusi agar Abi dan Ummi bisa menerapkan.

Ucapkanlah, Barakallahu lakum wa baraka alaikum (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah saw,(Hadis sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).
Doa Rasulullah saw. saat pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah, Semoga Allah Swt. menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi rasa aman bagi umat.
Doa lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah katakan kepada seorang mempelai, yaitu Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir. Doa ini berdasarkan dari hadis sahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah. 
Jika 3 ucapan selamat menikah islami di atas masih dirasa panjang, Abi dan Ummi memiliki alternatif lain yang diberikan oleh Rasulullah saw. ketika memberikan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf. Saat itu, Rasulullah saw. berdoa, Baarakallahu laka (semoga Allah memberikan keberkahan). Sederhana dan pendek, tetapi memiliki banyak makna. Abi dan Ummi juga dapat mengganti nama mempelai laki-laki dan perempuan dengan akhi dan ukhti, apalagi jika teman sebaya.

Ucapan selamat menikah islami merupakan sebuah doa. Oleh karena itu, dalam praktiknya, hendaklah kita menimang semua perkataan dan ucapan yang akan kita berikan kepada orang lain. Pastikan ucapan tersebut selalu untuk kebaikan. Niatkan sepenuh hati dan rangkai kata sebagus mungkin agar siapa pun yang menerima dengan tulus dan penuh senyum, lalu mengatakan, Amin.

WALLAHUA'LAM

SUMBER : http://abiummi.com