Home » , » 10 Cara Ini Wajib Dilakukan Agar Baterai Smartphone Berumur Panjang

10 Cara Ini Wajib Dilakukan Agar Baterai Smartphone Berumur Panjang

Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, resolusi layar yang tajam, prosesor terbaru yang super cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar. Entah itu untuk keperluan kerja, bersosialisasi atau hiburan dengan bermain game.

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. Kali ini Jaka akan berikan kamu 10 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Kesel kan kalo baru juga 3 bulan, baterai smartphone kamu udah harus ganti. Nah, memperpanjang umur smartphone yang Jaka maksudkan di sini adalah umur penggunaannya. Bisa itu untuk penggunaan sehari-hari atau bisa kamu sebut sebagai cara menghemat baterai, atau juga untuk jangka panjang. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk memperpanjang umur baterai smartphone?

1. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

cara-memperpanjang-umur-baterai-(14)
Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus. Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak. Penggunaan kamera secara terus menerus pun akan memicu overheat, maka disarankan agar selalu menutup aplikasi kamera jika tidak digunakan. Selain aktivitas penggunaan, smartphone juga bisa menjadi panas jika disimpan di tempat yang permukaannya memproduksi panas berlebih. Jadi hindari menyimpan smartphone di tempat seperti kulkas, di dalam mobil saat terkena sinar matahari, atau tempat panas lainnya.

2. Jangan Charge Baterai Semalaman

cara-memperpanjang-umur-baterai-(15)
Meski banyak membekali charger smartphonenya dengan fitur untuk otomatis mematikan aliran listrik saat baterai telah penuh, tapi sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman. Hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak. Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 30% dan cabut saat terisi sekitar 80%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu.

3. Aktifkan Battery Saver

cara memperpanjang umur baterai (1)
Salah satu keuntungan menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0 adalah adanya fitur battery saver. Nah, agar umur baterai kamu lebih awet, jangan lupa untuk mengaktifkan battery saver di smartphone Android kamu. Tujuannya adalah agar saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-bat, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya. Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-bat, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri. Hayo, siapa yang tidak pernah menggunakan fitur ini?

4. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

iklan menggangu
Banyaknya pilihan aplikasi Android di Google Play Store serta toko aplikasi lainnya, membuat kamu jadi mudah menginstal aplikasi baru dan seru di smartphone kamu. Namun, ada banyak pengembang yang menyisipkan iklan pada aplikasi buatan mereka untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Nah, aplikasi yang mengandung iklan ini akan membuat baterai kamu lebih cepat terkuras. Untuk penggunaan dalam jangka panjang, aplikasi yang banyak mengandung iklan ini akan memperpendek umur baterai smartphone kamu loh. Dan juga akan membuat performa smartphone kamu menjadi turun. Kamu bisa membaca artikel Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android (Tanpa Perlu Root) untuk membuang iklan yang ada di Android kamu.

5. Bijak Menggunakan Lokasi

cara-memperpanjang-umur-baterai-(11)

Aplikasi sosial media seperti Facebook dan Path membuat kamu bisa berbagi lokasi dengan mudah. Bahkan kamu juga bisa menyertakan lokasi pada foto yang kamu ambil dengan smartphone. Tapi tahukah kamu, bahwa penggunaan fitur lokasi secara terus menerus ini akan memperpendek umur baterai smartphone kamu? Untuk itu, selalu matikan fitur lokasi di saat kamu tidak sedang menggunakannya agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang.
sumber : jalantikus.com