Home » , » Ya’juz dan Ma’juz, Siapa?

Ya’juz dan Ma’juz, Siapa?


ANDA tentu sudah tahu dua nama yang sering disebut ini bukan? Ya, mereka akan hadir ke tengah-tengah manusia di dunia pada akhir zaman kelak, setelah turunnya Nabi Isa AS. Ya’juz dan Ma’juz akan menyebar ke seantero dunia dan mengepung Nabi Isa beserta kaum Mukminin di sebuah gunung di Baitul Maqdis. Pengepungan ini membuat kaum Mukminin menjadi sangat tertekan dan ketakutan. Lalu, sebenarnya siapa mereka?
Ada yang berpendapat bahwa Ya’juz dan Ma’juz adalah nama bangsa Ajam (non Arab), seperti Thalut dan Jalut.
Pendapat lain menyebutkan, bahwa Ya’juz dan Ma’juz diambil dari kalimat berbahasa Arab yang berbunyi ‘Ajjat an-nar, yang berarti api yang menyala-nyala. Mereka dinamakan seperti ini karena mereka adalah bangsa yang jahat yang selalu membakar dan membuat kerusakan di muka bumi.
Ada pula pendapat yang mengatakan, bahwa penamaan Ya’juz dan Ma’juz diambil dari kalimat: al-Ma’ al’-Ajaz, yang berarti air yang sangat asin.
Pendapat lain ada yang mengatakan, bahwa penamaan ini diambil dari kataal-‘Ajj, yang artinya sangat memusuhi dan melawan.
Itulah beberapa pendapat yang memberitahukan siapa itu Ya’juz dan Ma’juz. Pendapat yang berbeda mungkin membuat kita bingung siapa sebenarnya mereka. Namanya manusia, tentu memiliki cara berpikir yang berbeda, maka tak heran pendapat mengenai hal ini pun berbeda. Sebab, kebenaran yang mutlak adalah hanya ada pada sisi Allah SWT. Wallahu ‘alam
sumber : islampos.com